Lingkungan Bisnis

Pengertian Bisnis

Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat ( bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society ) [Huat, T Chwee,1990]

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert]

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa :

Bisnis adalah  kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Pengertian Lingkungan Bisnis
Adalah faktor-faktor yang berada diluar jangkauan perusahaan yang dapat menimbulkan suatu peluang atau ancaman.

Faktor Lingkungan Bisnis
1. Lingkungan Mikro Bisnis
adalah para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan, yang mempengaruhi perusahaan.

2. Lingkungan Makro ( Lingkungan Umum )
adalah kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan.

Lingkungan Makro ini terdiri dari :
a. Faktor Ekonomi
Yang perlu dianalisis adalah :
Siklus ekonomi
Gejala inflansi dan deflasi
Kebijaksanaan moneter
Neraca pembayaran

b. Faktor Demografi
Terdiri dari :
Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan perubahan umurnya.
Distribusi pendapatan.
Tingkat pengangguran.

c. Faktor Geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukan peluang dan ancaman perusahaan.

d. Faktor Teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.

e. Faktor Pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan / ancaman bagi perusahaan.

f. Faktor Sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.

g. Faktor Politik
1. Kekuatan politik
2. Perbedaan ideologi.

About these ads

20 responses to “Lingkungan Bisnis

  1. trims postingan nya!!
    sangat membantu untuk mengerjakan pe er pengantar bisnis q ^^
    mynameisangga.wordpress.com

  2. thx postingannya..
    cukup membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah..
    sekalian klo bisa bahas business process dalam enterprise architechture dong..
    hehe maunya..

  3. siiiipppp! pas buat ngerjain tugas nih

  4. thanq postingnya yaa..
    mmbntu bgt bwt tugas hi tech aq..

  5. makacih ea . . .
    postingnya ciepp wat nMbah materi kuL_Q!u
    ^_^

  6. thaNxz a lot . . . . .

  7. Terima kasih posting nya membantu saya dalam belajar berbisnis.

  8. thanKz bgTz. . .
    mmpermudha tugas que. . .

  9. hhaaaa makasii ya bang / mbak… bantu bgt niii^^
    kalo bisa posting tentang matematika bisnis juga yaa

  10. postingan nya berguna banget :) buat tambahan materi dan tugas juga tentunya :)

  11. postingnya ok bggtt :) jd bs ngrjain tgas kul dh..he

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s