Kecanduan Internet

Merasa gelisah jika tidak menggunakan internet, dan rela mengurangi kegiatan sosial dan rekreasi demi Internet, itulah seseorang dikatakan kecanduan terhadap internet.
Ada banyak alasan mengapa seseorang menghabiskan waktu terlalu banyak di internet :
•Internet bisa digunakan sebagai wadah melarikan diri dari perasaan bersalah atau   depresi, mirip seperti peran  obat  penenang yang kerap dipakai orang yang sering merasa cemas atau gelisah.
•Internet menawarkan sesuatu yang mendebarkan, tempat pelarian ke hal-hal ‘gaib’ bahkan erotik.
•Untuk sekadar memenuhi kepuasan hati. Jika tidak menggunakan internet, merasa gelisah, cemas, atau tanpa sadar melakukan gerakan mengetik. Hal ini malah akan merusak jiwa seseorang jika dibiarkan terus.
•Internet menawarkan media komunikasi dengan orang lain yang lebih menarik, seperti Yahoo Messanger, Email, Ebbudy, dan lain-lain.
•Internet juga dapat memberikan informasi-informasi yang kita butuhkan secara praktis, hal seperti ini terkadang membuat seseorang malas untuk membaca buku, dan dapat membuat pola pikir seseorang tidak berkembang, ini dikarenakan seseorang akan selalu bergantung kepada informasi yang diperoleh secara praktis dan malas untuk berpikir.

Hal-hal itulah yang menyebabkan seseorang secara tidak sadar telah kecanduan Internet, dan bahkan bila tidak dapat mengatasinya, akan mengakibatkan gangguan kejiwaan, tidak dapatnya beradaptasi dengan baik di lingkungan masyarakat secara langsung dan nyata, terkadang dapat membuat seseorang malas untuk berpikir dan hanya mengandalkan sesuatu pemikiran yang praktis.
Seseorang yang mengalami kecanduan Internet akan mengalami kesusahan untuk lepas dari kecanduan tersebut. Kecanduan ini juga dapat dikurangi atau bahkan dapat diatasi dengan cara seseorang yang kecanduan Internet ini harus mengenali apa pemicunya yang mengakibatkan menjadi seorang pecandu, setelah mengenali pemicunya kemudian seorang pecandu harus mampu mengatasinya dengan menguranginya atau dapat mengalihkan kesuatu kegiatan yang lain yang bersifat kegemaran, seperti olahraga, menulis, jalan-jalan dan kegiatan lainnya yang dapat mengalihkan untuk tidak menyentuh Internet. Dan mungkin juga seorang pecandu dapat melakukan psikoterapi untuk mengurangi ketergantungannya terhadap Internet, dengan psikoterapi seseorang juga dapat belajar keahlian bagaimana memanajemen stress dan ketergantungan terhadap sesuatu dengan baik

“Terkadang kemajuan tekhnologi seperti Internet ini dapat memberikan kemudahan, tetapi juga dapat memberikan dampak negatif dan bahkan berbahaya bagi kita”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s