Manajemen Bisnis Perusahaan

I. Pengertian Manajer
adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi dan mempunyai peranan penting dalam mengelola perusahaan bisnis, karena manajer harus dapat bertanggungjawab atas kinerja perusahaan dan efektivitasnya, dan juga bersifat dapat dipertanggungjawabkan kepada semua stakeholder ( Customers ). Pada hakikatnya seorang manajer mempunyai beragam tugas dasar yang harus dikuasai dengan baik jika ingin menjadi manajer yang sukses.

II. Tujuan dan Formulasi Strategi
Langkah awal dalam manajemen yang efektif adalah menetapkan sasaran ( Tujuan ) yang diharapkan untuk dicapai suatu bisnis. Dalam hal ini manajer juga harus membuat keputusan mengenai tindakan-tindakan yang akan dan tidak akan mencapai sasaran perusahaan. Hal ini tersebut disebut Strategi, yang merupakan perangkat lunak rencana organisasi untuk mengimplementasikan keputusan yang diambil demi mencapai tujuan organisasi.

II.1. Jenis-jenis Strategi
Jenis-jenis Strategi sendiri dibagi menjadi tiga jenis Strategi yang biasanya digunakan dipertimbangkan oleh perusahaan. Tiga jenis Strategi itu sebagai berikut :

1.Strategi Perusahaan
Bertujuan untuk menentukan sikap keseluruhan perusahaan kearah pertumbuhan dan cara perusahaan mengelola bisnis.

2.Strategi Bisnis
Strategi pada tingkat unit bisnis yang berfokus pada posisi kompetitif perusahaan.

3.Strategi Fungsional
Untuk memutuskan cara terbaik mencapai tujuan perusahaan melalui produktivitas.

II.2. Menetapkan Sasaran Bisnis
Tujuan dari Penetapan Sasaran Bisnis adalah untuk memberikan arah dan panduan bagi para manajer di semua tingkat, membantu perusahaan dalam mengalokasikan sumber dayanya, membantu membangun budaya perusahaan, dana membantu manajer menilai kerja.
Penetapan Sasaran juga merupakan tolak ukur keberhasilan dalam suatu perusahaan, sehingga setiap perusahaan memiliki sasaran yang berbeda-berbeda tergantung dari maksud dan misi perusahaan itu dan setiap perusahaan juga memiliki sasaran jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

•Sasaran Jangka Panjang
adalah Sasaran yang ditetapkan untuk periode waktu yang lama umumnya 5 tahun mendatang

•Sasaran Jangka Menengah
adalah Sasaran yang ditetapkan selama jangka wakatu 1-5 tahun mendatang.

•Sasaran Jangka Pendek
adalah Sasaran yang ditetapkan untuk waktu dekat, biasanya kurang dari 1 tahun.

II.3. Merumuskan Strategis
•Sasaran Strategis
merupakan sasaran jangka panjang yang langsung berasal dari pernyataan misi perusahaan.

•Analisis SWOT
Identifikasi dan analisis kekuatan dan kelemahan organisasi serta peluang dan ancaman lingkungan sebagai bagian dari perumusan strategi.

•Analisis Lingkungan
adalah proses pengamatan dan penilaian lingkungan bisnis terhadap segala ancaman dan peluang.

III. Proses Manajemen
Proses Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya financial, manusia serta informasi suatu perusahaan untuk mencapai sasarannya.

III.1. Perencanaan
Perencanaan adalah proses pemikiran apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan memiliki tiga komponen, hal itu dimulai sewaktu para manajer menetapkan sasaran perusahaan. Selanjutnya mengembangkan strategi mencapai sasaran tersebut. Setelah strategi dikembangkan, kemudian merancang rencana-rencana taktis dan operasional untuk menjalankan strategi.

III.2. Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan pembagian suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil dan menetapkan cara terbaik untuk mengatur sumber daya dan aktivitas suatu bisnis menjadi struktur yang saling berkaitan.

III.3. Pengarahan
Pengarahan adalah Proses manajemen yang memandu dan memotivasi karyawan untuk mencapai sasaran organisasi. Para manajer mempunyai wewenang memberikan perintah dan meminta hasilnya, akan tetapi pengarahan memerlukan aktivitas yang lebih rumit. Dalam memberikan pengarahan ( Directing ), seorang manajer bekerja untuk memandu dan memotivasi para karyawan guna mencapai sasaran perusahaannya.

III.4. Pengawasan
Pengawasan merupakan proses memonitor kinerja perusahaan untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut mencapai sasarannya.

IV. Tipe-Tipe Manajer
•Manajer Puncak / Top Manager
Tanggungjawab atas keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan

•Manajer Menegah / Middle Manager
Mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer puncak

•Manajer Lini Pertama / First-Line Manager
Melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s